Skip to content

“Mungkin Sekali Kita Sendiri Juga Maling ” Oleh Taufiq Ismail

July 6, 2011

Kita hampir paripurna menjadi bangsa porak-poranda, terbungkuk dibebani hutang dan merayap melata sengsara di dunia.

Penganggur 40 juta orang, anak-anak tak bisa bersekolah 11 juta murid, pecandu narkoba 6 juta anak muda, pengungsi perang saudara 1 juta orang, VCD koitus beredar 20 juta keping, kriminalitas merebat disetiap tikungan jalan

… dan beban hutang di bahu 1600 trilyun rupiah.

Pergelangan tangan dan kaki Indonesia diborgol diruang tamu Kantor Pegadaian Jagat Raya, … dan dipunggung kita dicap sablon besar-besar: Tahanan IMF dan Penunggak Bank Dunia.

Kita sudah jadi bangsa kuli dan babu, menjual tenaga dengan upah paling
murah sejagat raya.

Ketika TKW-TKI itu pergi lihatlah mereka bersukacita antri penuh harapan dan angan-angan di pelabuhan dan bandara, ketika pulang lihat mereka berdukacita

karena majikan mungkir tidak membayar gaji, banyak yang disiksa malah diperkosa dan pada jam pertama mendarat di negeri sendiri diperas pula.

Negeri kita tidak merdeka lagi, kita sudah jadi negeri jajahan kembali.

Selamat datang dalam zaman kolonialisme baru, saudaraku.

Dulu penjajah kita satu negara, kini penjajah multi kolonialis banyak

bangsa. Mereka berdasi sutra, ramah-tamah luar biasa dan banyak senyumnya.

Makin banyak kita meminjam uang, makin gembira karena leher kita makin mudah dipatahkannya.

Di negeri kita ini, prospek industri bagus sekali.Berbagai format

perindustrian, sangat menjanjikan, begitu laporan penelitian.

Nomor satu paling wahid, sangat tinggi dalam evaluasi, dari depannya penuh janji, adalah

industri korupsi.

Apalagi di negeri kita lama sudah tidak jelas batas halal dan haram, ibarat membentang benang hitam di hutan kelam jam satu malam.

Bergerak ke kiri ketabrak copet, bergerak ke kanan kesenggol jambret, jalan di depan dikuasai maling, jalan di belakang penuh tukang peras, yang diatas tukang tindas.

Untuk bisa bertahan berakal waras saja di Indonesia, sudah untung. Lihatlah para maling itu kini mencuri secara berjamaah.

Mereka bersaf-saf berdiri rapat, teratur berdisiplin dan betapa khusyu’.

Begitu rapatnya mereka berdiri susah engkau menembusnya.

Begitu sistematiknya prosedurnya tak mungkin engkau menyabotnya.

Begitu khusyu’nya, engkau kira mereka beribadah.

Kemudian kita bertanya, mungkinkah ada maling yang istiqamah?

Lihatlah jumlah mereka, berpuluh tahun lamanya, membentang dari depan sampai ke belakang, melimpah dari atas sampai ke bawah, tambah merambah panjang deretan saf jamaah.

Jamaah ini lintas agama, lintas suku dan lintas jenis kelamin.

Bagaimana melawan maling yang mencuri secara berjamaah?

Bagaimana menangkap maling yang prosedur pencuriannya malah dilindungi dari atas sampai ke bawah?

Dan yang melindungi mereka, ternyata, bagian juga dari yang pegang senjata dan yang memerintah.

Bagaimana caranya melawan maling begini yang mencuri secara berjamaah?

Jamaahnya kukuh seperti dinding keraton, tak mempan dihantam gempa dan banjir bandang, malahan mereka juru tafsir peraturan dan merancang undang-undang, penegak hukum sekaligus penggoyang hukum, berfungsi bergantian.

Bagaimana caranya memroses hukum maling-maling yang jumlahnya ratusan ribu, barangkali sekitar satu juta orang ini, cukup jadi sebuah negara mini, meliputi mereka yang pegang kendali perintah, eksekutif, legislatif, yudikatif dan dunia bisnis, yang pegang pestol dan mengendalikan meriam, yang berjas dan berdasi.

Bagaimana caranya mau diperiksa dan diusut secara hukum ?

Mau didudukkan di kursi tertuduh sidang pengadilan?

Mau didatangkan saksi-saksi yang bebas dari ancaman?

Hakim dan jaksa yang bersih dari penyuapan ?

Percuma

Seratus tahun pengadilan, setiap hari 8 jam dijadwalkan Insya Allah tak akan terselesaikan.

Jadi, saudaraku, bagaimana caranya?

Bagaimana caranya supaya mereka mau dibujuk, dibujuk, dibujuk agar bersedia mengembalikan jarahan yang berpuluh tahun dan turun-temurun sudah mereka kumpulkan.

Kita doakan Allah membuka hati mereka, terutama karena terbanyak dari mereka orang yang sholat juga, orang yang berpuasa juga, orang yang berhaji juga.

Kita bujuk baik-baik dan kita doakan

mereka.

Celakanya, jika di antara jamaah maling itu ada keluarga kita, ada hubungan darah atau teman sekolah, maka kita cenderung tutup mata, tak sampai hati menegurnya.

Celakanya, bila di antara jamaah maling itu ada orang partai kita, orang seagama atau sedaerah, Kita cenderung menutup-nutupi fakta, lalu

dimakruh-makruhkan dan diam-diam berharap semoga kita mendapatkan cipratan harta tanpa ketahuan.

Maling-maling ini adalah kawanan anai-anai dan rayap sejati.

Dan lihat kini jendela dan pintu Rumah Indonesia dimakan rayap.

Kayu kosen, tiang, kasau, jeriau rumah Indonesia dimakan anai-anai.

Dinding dan langit-langit, lantai rumah Indonesia digerogoti rayap. Tempat tidur dan lemari, meja kursi dan sofa, televisi rumah Indonesia dijarah anai-anai.

Pagar pekarangan, bahkan fondasi dan atap rumah Indonesia sudah mulai habis dikunyah-kunyah rayap. Rumah Indonesia menunggu waktu, masa rubuhnya yang sempurna.

Aku berdiri di pekarangan, terpana menyaksikannya.

Tiba-tiba datang serombongan anak muda dari kampung sekitar.

“Ini dia rayapnya! Ini dia Anai-anainya!” teriak mereka.

“Bukan. Saya bukan Rayap, bukan!” bantahku.

Mereka berteriak dan mendekatiku dengan sikap mengancam.

Aku melarikan diri kencang-kencang.

Mereka mengejarkan lebih kencang lagi

Mereka menangkapku.

“Ambil bensin!” teriak seseorang.

“Bakar Rayap,” teriak mereka bersama.

Bensin berserakan dituangkan ke kepala dan badanku.

Seseorang memantik korek api.

Aku dibakar.

Bau kawanan rayap hangus.

Membubung Ke udara.

Inikah akhir kehidupan rayap ? Semoga !

Ini alasan saya untuk selalu bangun setiap pagi #99 Impian

June 30, 2011

1. Berguna dan selalu menjadi alasan kebaikan seseorang
2. Lebih lancar lagi Japanese & Mandarinnya
3. Ingin sekali dapat menguasai minimal 7 bahasa asing(Jepang, Inggris, Mandarin, Korea, France, Rusia, Jerman & Arab)
4. Tinggal di Jepang minimal 5 tahun
5. Paling ga, kalau ga bisa di Jepang di Eropa juga boleh. Minimal Singapore
6. Keliling Indonesia
7. Keliling Dunia
8. Belikan Mama rumah yang penuh dengan bunga anggrek + kelinci
9. Punya mobil dari uang sendiri
10. Sekolah setinggi-tingginya dan dapat mengamalkan ilmunya di sekolah-sekolah di pedalaman di Indonesia
11. Sekolahin Bella di luar negeri (baca : Jepang)
12. Perpustakaan Pribadi
13. Masjid Impian, dekat rumah dan selalu penuh dengan jama’ah
14. Punya 1 kamar yang isinya penuh dengan baju yang bewarna shabbic
15. Lemari penuh dengan sneakers &scraf plus kacamata uniqe
16. Dhuha & Qiyamul Lail istiqomah dilakukan seumur hidup
17. Hidup Sederhana
18. Lebih bermanfaat untuk orang yang membutuhkan
19. Pengen jadi Cheff yang handal masak apa aja
20. Terus bekarya tanpa harus dihambat oleh apapun
21. Bahagia
22. Sholat 5 waktu tepat waktu dan istiqomah puasa senin – kamis
23. Ingin punya kamar diatas balcon yang terbuat dari kaca
24. Pengen nanem sakura di taman sendiri
25. Bisa belikan mama baju yang beliau sukai
26. Bisa belikan adek game-game favoritenya
27. Jalan – jalan di Raja Ampad
28. Ketemu Yamada Ryosuke!!
29. Hemat
30. Punya mobil yang bisa nyetir sendiri(tinggal ngomong : “ke rumah tanty” langsung jalan)
31. Punya rumah di Bandung
32. Bikin Yayasan Sosial , utamanya untuk anak-anak penyandang kanker
33. Bikin panti sosial untuk para orang tua🙂 (Amin)
34. Bahagiain mama sampai akhir hayat
35. Bisa ketemu papa dalam keadaan yang lebih baik (Allahumma Amin)
36. Menikah diumur 28thn
37. Punya Restaurant yang murah meriah plus enyaak
38. Bisa berkunjung ke Tanah Suci tiap tahunnya
39. mahir piano
40. Foto bareng sama Pak Habibie
41. Bisa selalu menjadi alasan orang tua tersenyum
42. Update Tekhnologi
43. Pengen punya coffee & tea resto sendiri
44. Bisa mendesain baju anak sendiri
45. Istiqomah dalam bersedekah
46. Punya mesin atm sendiri (hahaha)
47. Punya investasi jangka panjang
48. Selalu dan selalu dekat dengan Allah
49. Selalu bersedekah dalam keadaan apapun
50. Optimist dalam keadaan apapun
51. Punya perusahaan yang bergerak dalam hal-hal yang berbau jepang dan baju muslimah
52. Pengen tampil di oprah winfrey show
53. Foto bareng Arashi(*pingsan)
54. Bikin lagu untuk keluarga
55. Jadi Ibu yang baik dan selalu dirindukan ayah dan anak-anaknya
56. Yoga seumur hidup
57. Bisa join dalam pembuatan taman kota di Indonesia
58. Bikin brand made dengan nama sendiri
59. Kumpul kembali bersama keluarga yang lengkap, ada mama..papa..bella🙂
60. Papa bisa menyaksikan pernikahan anak-anaknya dan cucu pertamanya
61. Selalu jadi alasan kebanggaan setiap orang
62. Lebih berguna bagi negara
63. Mengharumkan nama bangsa
64. Study overseas dgn mendapatkan scholarship
65. pengen jungkir balik
65. meet with a good man
66. main bianglala
67. Memiliki keturunan yang taat dengan Tuhan dan selalu merasa senang jika berada di rumah
68. Kerja di UNICEF atau UNESCO (Aminnnnnnnnnnnnnnn)
69. Bahagia Lahir batin
70. Kerja di luar negeri
71. Ajak keluarga (mama, papa, bella) tinggal di luar negeri
72. Punya sahabat yang baik dan ga lekang oleh waktu
73. Menikah di Halaman yang luas dan dipenuhi oleh mawar putih
74. Menemukan the right guy (hehehe)
75. Bikin sepatu wedges dgn brandmade ‘Tha’
76. Anak-anak nanti bisa mendapatkan pendidikan yang terbaik dan selalu berprestasi
77. Memiliki anak-anak yang selalu sehat dan cantik/tampan dan dapat membanggakan keluarga
78. Punya baju kembaran sekeluarga
79. Jalan – jalan ke Jepang dan Eropa bersama keluarga besar
80. Menikah sekali seumur hidup (ga mau cerai-ceraian ah, naudzubillah)
81. Borong buku di Gramedia dan Aksara
82. Ada di saat-saat terakhir orang tua
83. Benar-benar ingin memiliki keluarga sakinnah, mawaddah dan warahmah
84. Bisa Tari Kayang *hup*
85. Masak waffle sampai mabok
86. Cermat dan cerdas
87. Selalu mengingat Allah dalam keadaan apapun
88. Renang di laut mati sambil makan
89. Bersahaja
90. Terhindar dari siksa dunia & akhirat (Allahumma Amiiinn)_
91. Bisa ngomong “Makasih uda jadi bagian dlm inspirasi hidupku” ke org yang saya kagumi saat ini
92. Dicium di kawah putih(hehehe)
93. Pengen melihara kuda dan kucing
94. Enggak ada hutang sama siapapun
95. Langsing dan sehat dari segala macam penyakit
96. Menemukan seseorang yang bersedia menerima kelemahan yang mampu diperbaiki
97. Selalu akur dengan adik
98. Masuk Surga
99. Semua Impian diatas terwujud (AAMIIINN)

Semoga ga ada jarak yang terlalu jauh bagi impian-impian ini

Life is All About Learning#Lalala~

June 30, 2011

Every day in life is a test, can pass well is an achievement of which to be grateful.

Love is something difficult to control. Sometimes love ignore mind just to listen heart.

Love is something that is difficult to control.
Sometimes when you pretend to not care, will make you more yearning

I always say “I love you”
I realize now, all this time I did not love myself.
then how can I love you?

I always say “I want to make you happy”
I realize now, all this time I did not makes myself happy.
then how can I make you happy?

“You can not give what you do not have.
If you want to love others, you must first love yourself”

“One of the most important things which you need to know is how to be friends for yourselves”

Do not deny yourself just to please others. Just do what you think is right and happy for you.

Without confidence, all your actions will always be shadowed by doubt, therefore you have to start respecting yourself.

I just knew, what the true meaning of “happiness”
and I have never felt real happiness before.

Everything in life can make you happy or hurt. All depends on how you deal with it.

Stop regretting what has happened in the past. Failure is only a lesson taught to be better.

Just because today is not going well for you, it does not mean you have to grieve. No one eternal, fix self-important first.

Do not get your hopes up on someone. Sometimes “he” that you are really love is “he” for you most often injured.

You will not get anything in life if you never learn from your mistakes. Learn to mature yourself.

Stop complaining your life, because what happens in your life are the result of your actions. If you’re not happy, fix it!

Do not let other people’s opinions affect the way your life. It’s your life, you who have tried to make it worth tuk traveled.

When you thought to give up, remember, God will not give the trial beyond your abilities. Sometimes He’s testing the patience.

God never gave you pain, but he probably will let you through to prove your trust.

Those who are strong are those who know what it’s like to be the weak,
those who know crying will not solve the problem

When you’re happy, look down. When you’re disappointed, look up.

Smile even when you have a lot of problems. Do not allow problems to steal your happiness.

Do not let your happiness depend on what other people do, because once they are gone, so is your happiness.

There is always a lesson from every problem. If you learn from the past is a step for the future.

When you feel your life is too heavy and had not answered your prayers, believe me, God is just testing the fortitude and patience.

Life is not easy, but if you happy through it and learn from every mistake imaginable, your life is meaningful.

I Learned this from Meta🙂 thank you❤

Sabar

June 24, 2011

Di waktu yang lain, ketika Nabi kembali ke Ka’bah, seseorang mengambil kotoran dan melemparkannya ke wajah dan ke seluruh kepala beliau. Ketika beliau pulang, salah seorang putrinya membasuh dan membersihkannya sambil menangis.

“Jangan menangis putriku,” kata beliau,

“Allah akan melindungi ayahmu.”

~Jalan ini sedari awal bukanlah jalan mulus yang bisa melenakan pengguna jalan dan kehilangan kendali dikarenakan menekan pedal gas terlalu dalam. Jalan ini bukanlah jalan yang mulus, ada yang berbalik ke belakang, namun entah kenapa ada saja orang-orang yang terus mendaki dan semakin bergegas. Aku tak tau…

Wallahua’lam [K]

Carilah kusyuk dalam solat dengan cara melihat melalui mata hati:

June 17, 2011

-Allah hadir di depan kita
-Ka’bah di hadapan
-Syurga di sebelah kanan
-Neraka di sebelah kiri
-Malaikat Maut di belakang
-Sedang berdiri di atas titian ‘Siratul Mustaqim’
-Inilah solat terakhir
-Mengenang dosa yang dilakukan
-Memahami setiap yang dituturkan

Pelajaran dari Sang Tokoh : Imam Ghazali

May 27, 2011

Setelah lama tidak memposting akibat berbagai kesibukan duniawi hehehe.. lagi iseng2 browsing, terus ketemu tulisan yang mungkin udah cukup terkenal, banyak di milis2, mungkin ada yang udah sering baca juga, tapi ga ada salahnya saya posting lagi disini, Insya 4JJI bermanfaat bagi yang belum baca menjadi tau dan yang sudah membaca menjadi diingatkan kembali. Well, semakin hari saya semakin menyadari bahwa esensinya kita hidup di dunia ini adalah untuk berdakwah.. Itulah peran kita sebagai khalifah di muka bumi ini. Insya 4JJI, seperti kata Aa Gym, dimulai dari hal yang kecil, dari diri sendiri, dan dari sekarang, marilah kita bersama sama menyampaikan kebenaran ayat-ayat 4JJI walaupun hanya satu ayat.

Silahkan membaca..

Suatu hari, Imam Al-Ghazali berkumpul dengan murid-muridnya lalu beliau bertanya :

Imam Ghazali = ” Apakah yang paling dekat dengan diri kita di dunia ini ?
Murid 1 = ” Orang tua ”
Murid 2 = ” Guru ”
Murid 3 = ” Teman ”
Murid 4 = ” Kaum kerabat ”
Imam Ghazali = ” Semua jawapan itu benar. Tetapi yang paling dekat dengan kita ialah KEMATIAN. Sebab itu janji Allah bahawa setiap yang bernyawa pasti akan mati ( Surat Ali-Imran :185).

Imam Ghazali = ” Apa yang paling jauh dari kita di dunia ini ?”
Murid 1 = ” Negeri Cina ”
Murid 2 = ” Bulan ”
Murid 3 = ” Matahari ”
Murid 4 = ” Bintang-bintang ”
Iman Ghazali = ” Semua jawaban itu benar. Tetapi yang paling benar adalah MASA LALU. Bagaimanapun kita, apapun kenderaan kita, tetap kita tidak akan dapat kembali ke masa yang lalu. Oleh sebab itu kita harus menjaga hari ini, hari esok dan hari-hari yang akan datang dengan perbuatan yang sesuai dengan ajaran Agama”.

Iman Ghazali = ” Apa yang paling besar didunia ini ?”
Murid 1 = ” Gunung ”
Murid 2 = ” Matahari ”
Murid 3 = ” Bumi ”
Imam Ghazali = ” Semua jawaban itu benar, tapi yang besar sekali adalah HAWA NAFSU (Surat Al A’raf: 179). Maka kita harus hati-hati dengan nafsu kita, jangan sampai nafsu kita membawa ke neraka.”

Imam Ghazali = ” Apa yang paling berat didunia? ”
Murid 1 = ” Baja ”
Murid 2 = ” Besi ”
Murid 3 = ” Gajah ”
Imam Ghazali = ” Semua itu benar, tapi yang paling berat adalah MEMEGANG AMANAH (Surat Al-Azab : 72 ). Tumbuh-tumbuhan, binatang, gunung, dan malaikat semua tidak mampu ketika Allah SWT meminta mereka menjadi khalifah pemimpin) di dunia ini. Tetapi manusia dengan sombongnya berebut-rebut menyanggupi permintaan Allah SWT sehingga banyak manusia masuk ke neraka kerana gagal memegang amanah.”

Imam Ghazali = ” Apa yang paling ringan di dunia ini ?”
Murid 1 = ” Kapas”
Murid 2 = ” Angin ”
Murid 3 = ” Debu ”
Murid 4 = ” Daun-daun”
Imam Ghazali = ” Semua jawaban kamu itu benar, tapi yang paling ringan sekali didunia ini adalah MENINGGALKAN SOLAT. Gara-gara pekerjaan kita atau urusan dunia, kita tinggalkan solat ”

Imam Ghazali = ” Apa yang paling tajam sekali di dunia ini? ”
Murid- Murid dengan serentak menjawab = ” Pedang ”
Imam Ghazali = ” Itu benar, tapi yang paling tajam sekali didunia ini adalah LIDAH MANUSIA. Karena melalui lidah, manusia dengan mudahnya menyakiti hati dan melukai perasaan saudaranya sendiri ”

dan akhirnya sebagai penutup..

“Demi masa (waktu), sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.”

Wallahu alam bishshawwab..

101% Agree with this statement!!!

May 9, 2011


Cewek itu perlu merasa lengkap hanya dengan dirinya sendiri. Begitu juga cowok, harus merasa lengkap dan happy dengan dirinya sendiri. Kalau cowok merasa gak lengkap, dia akhirnya nyari cewek untuk membahagiakan dirinya, which is Tolol menurut gue – Dian Sastro Wardhoyo.Majalah Soap, Edisi Februari 2008

Kalau masih merasa terlalu butuh ma cinta seseorang, mungkin pantas buat dicap kaya gini🙂

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.